Minggu, 07 April 2019

3.10 Menerapkan pengelolaan informasi melalui web log (blog)

Pengertian Blog
Blog adalah salah satu bentuk dari aplikasi web yang dapat dijadikan sebagai wadah untuk menerbitkan berbagai macam tulisan secara online. Sebenarnya, blog tidak hanya dapat memuat tulisan saja. Gambar, video dan file juga bisa disimpan dalam blog.
Dengan semakin banyaknya pengguna internet di dunia, blog saat ini juga semakin banyak jumlahnya. Pada tiap-tiap blog memiliki lebih dari 1 halaman, bahkan ada yang memuat hingga ratusan halaman web.

Fungsi Blog
1. Sebagai Media Satu Arah
Maksud dari media satu arah ini yaitu orang membuat blog hanya untuk menyampaikan pengalaman pribadi atau menulis segala sesuatu yang ia sukai tanpa perlu dikomentari oleh orang lain. Si pembuat blog tidak menyertakan kotak komentar pada tulisannya. Bisa dikatakan fungsi blog yang pertama ini yaitu sebagai diary online yang mana pemilik blog hanya menulis sesuka hati.

2. Sebagai Media Dua Arah
Tidak jauh beda dengan fungsi blog yang pertama di atas, hanya saja pada fungsi yang kedua ini, si pemilik blog memberikan kesempatan kepada pembaca untuk memberikan komentar terhadap tulisannya. Dengan demikian bisa terjalin komunikasi antara si penulis dan pembaca.

3. Sebagai Media Berbagai Arah
Fungsi blog yang ketiga ini ada perbedaan dari fungsi blog yang pertama dan kedua. Hanya saja si pemilik blog memiliki niat tertentu dalam membuat sebuah blog. Barang kali blogger sekarang banyak yang menikmati fungsi blog yang ketiga ini. Seperti membuat blog untuk menghasilkan uang dengan menampilkan iklan, promosi dan menjual barang dan jasa dan lain sebagainya.

Manfaat Blog
1. Bebagi pengalaman atau pengetahuan
Manfaat blog yang pertama yaitu untuk berbagi pengalaman atau pengetahuan. Dengan demikian kita bisa menulis pengalaman atau pengetahuan yang kita miliki ke dalam blog. Akan banyak orang yang membaca dan tahu lebih banyak tentang diri kita melalui tulisan yang kita bagikan di blog. 

2. Melatih Keterampilan Menulis
Aktivitas dalam dunia blogging tidak lain yaitu menulis. Melalui blog, kita bisa melatih keterampilan kita dalam menulis suatu topik yang memang disenangi. Manfaat ini banyak dirasakan oleh para blogger. Mereka selalu menulis artikel atau jenis tulisan lainnya dan diterbitkan dalam blog pribadinya. Bertambah hari, bertambah bulan dan bertambah tahun, keterampilan menulisnya semakin membaik. Hingga akhirnya disebut sebagai blogger yang sukses.

3. Mancari Uang secara Online
Manfaat blog yang ketiga yaitu sebagai wadah untuk mencari uang secara online. Sering kita mendengar istilah “Bisnis Online”, di mana orang yang menggeluti bisnis online tidak lain ia mendapat penghasilan dengan bekerja melalui internet. Salah satunya yaitu dengan aktivitas blogging.Dengan memiliki blog, kita bisa mencari uang secara online. Sebagai contoh, blog yang sudah memiliki pengunjung banyak akan banyak pula pendapatan dari iklan yang ditayangkan. Kebanyakan blogger bekerja sama dengan layanan periklanan seperti Google Adsense untuk memonitisasi blognya. 

4. Membangun Relasi atau Jaringan dan Kepercayaan
Blog juga bermanfaat untuk menjalin hubungan atau jaringan dengan para pelanggan atau pembaca setia. Dengan memberikan tulisan-tulisan yang berkualitas, melalui blog secara tidak langsung kita akan semakin dipercaya oleh pelanggan atau pembaca setia. Tidak hanya itu saja, besar kemungkinan akan banyak pelanggan baru atas rekomendasi dari teman-temannya yang sudah tahu tentang kita.

5. Mempromosikan dan Menjual Produk
Promosi yang gratis yang bisa dilakukan yaitu dengan menulis produk di blog. Melalui blog, akan banyak orang tahu tentang produk yang kita tulis di blog. Dengan demikian, kita bisa menjual produk secara online. Inilah sebagian bentuk dari bisnis online.
Saat ini banyak sekali pebisnis online yang memanfaatkan para blogger untuk mempromosikan produknya. Barang kali sering kita mendengar lomba review produk. Tidak lain aktivitas ini merupakan bentuk mempromosikan produk sehingga lebih cepat dikenal oleh banyak orang.

Tujuan Blog
·         Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain
·         Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
·         Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif
·         Berkarya atau aktualisasi diri
·         Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis, pengunjung memberikan tanggapan atau komentar
·         Berbagi pengalaman
·         Berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb
·         Banyak lagi, sesuai dengan jenis / topik yang diangkat
 
Jenis-Jenis Blog
Setelah Anda tahu tentang pengertian, sejarah, fungsi dan manfaat, tidak ada salahnya Anda juga tahu tentang jenis-jenis atau macam-macam blog. Mengenai jenis-jenis blog ini, saya merangkum dari berbagai media sebagaimana disebutkan di bawah ini.

1. Blog Pribadi
Blog pribadi merupakan jenis blog yang biasanya dibuat oleh seseorang yang ingin mengarsip pengetahuan atau pengalaman pribadinya. Blog jenis ini bisa dikatakan sama seperti buku catatan atau diary namun bisa diakses secara online.
Pada blog pribadi biasanya sering kita temukan karya-karya dari si pemilik blog. Seperti puisi, lagu-lagu, gagasan, cerita kehidupan dan lain sebagainya.

2. Blog Bertopik Khusus (Otoritas)
Jenis blog yang kedua yaitu blog yang memiliki topik khusus. Pada blog ini akan kita temukan tulisan yang fokus membahas topik tertentu. Seperti blog yang hanya membahas seputar kesehatan saja atau kuliner saja dan lain sebagainya.

3. Blog Promosi
Sepengetahuan saya ada blog yang dibuat pada intinya sebagai ajang promosi saja. Biasanya jenis blog ini dibuat oleh seseorang atau perusahaan yang memiliki produk untuk dijual secara online. Untuk mempromosikan produknya, dia juga memanfaatkan blog sebagai media promosi gratis.
Jenis blog ini sebenarnya hampir saja sama dengan jenis kedua. Hanya saja pada jenis ini, memiliki tujuan khusus yaitu agar produknya bisa dipromosikan secara gratis. Sebagai contoh perusahaan hosting, mereka membuat blog dengan topik seputar web dan hosting. Pada blog tersebut pihak perusahaan bisa memasang banner sebagai iklan gratis dari produk dan layanan perusahaan itu sendiri. Dan masih banyak contoh yang lainnya.

4. Blog Niche
Jenis blog ini biasanya berisi tulisan yang dibuat dengan kata kunci tertentu. Tujuan dari pembuatan blog ini biasanya untuk mendapatkan pengunjung yang banyak dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google.
Blog niche tidak bisa dibuat oleh sembarang orang. Dalam hal ini si pembuat blog biasanya sudah paham dan mahir tentang SEO. Selalu berusaha agar blognya menjadi rangking 1 di halaman mesin pencari.

5. Blog Virus
Jenis blog yang terakhir bisa dikatakan sebagai blog pengganggu. Si pembuat blog biasanya memasang virus pada blognya dengan tujuan agar orang yang mengunjungi blognya bisa tertular virus. Namun saat ini sebagian besar browser berpihak pada pengguna. Artinya, jika blog yang dikunjungi mengandung virus, browser langsung memblokirnya.

 6. Blog Spam
Selain virus, ada juga blog yang termasuk spam. Disebut spam karena isi dari blognya tidak jelas. Pengunjung hanya dibuat berputar-putar tanpa menemukan apa yang mereka cari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3.11 Mengevaluasi penggunaan teknologi perkantoran

PENGERTIAN TEKNOLOGI PERKANTORAN Kata teknologi berasal dari bahasa Perancis,  La Teknique  yang artinya semua proses yang dilaksanaka...